$ CRM (Customer
Relationship Management)
Merupakan strategi dan
usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi pelanggan. CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh
kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan
untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.
Ditinjau dari sisi sistem, CRM termasuk sistem teknologi
informasi lintas fungsi yang mengintegrasikan proses-proses layanan pelanggan
dalam penjualan, dan pemasaran. CRM juga mengintegrasikan proses ini dengan
database operasi bisnis lainnya melalui web. Ditinjau dari sisi bisnis CRM
memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk bisa menjalin hubungan yang baik
dengan para konsumennya.
$ SRM(Supplier
Relationship Management)
adalah pendekatan
komprehensif untuk mengelola interaksi
suatu perusahaan dengan organisasi
yang menyediakan barang dan jasa yang digunakannya. Ditinjau dari sisi bisnis, tujuan dari SRM adalah untuk merampingkan dan
lebih mengefektifkan proses antara perusahaan dan pemasoknya
misalnya dalam hal pemilihan supplier. Sedangkan ditinjau dari sisi sistem,
SRM menghubungkan vendor ke master data
SAP.
$ Collborative CRM (cCRM)
Perbedaan operational CRM dan Analytical CRM
Operational CRM
1.
dibuat untuk menyediakan respon yang cepat
kepada banyak user
2.
user mengakses dan mengupdate data
3.
user melakukan proses transaksi dalam waktu
yang singkat.Analytical CRM
1.
didesain untuk melakukan proses yang kompleks
dan memerlukan waktu proses yang lama dan hanya digunakan untuk beberapa user
saja
2.
selama pemrosesan, jumlah data yang diproses
banyak dan biasanya hanya dapat diretrive (read-only),
dengan menggunakan query yang
kompleks
Hubungan mitra
manajemen (PRM) adalah strategi bisnis untuk meningkatkan komunikasi antara
perusahaan dan mitra saluran mereka. PRM berbasis web aplikasi perangkat lunak
memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan dan menyederhanakan tugas-tugas
administrasi dengan membuat jadwal pengiriman dan lainnya real-time informasi
yang tersedia untuk semua mitra melalui Internet. Beberapa penyedia CRM telah
memasukkan fitur PRM, seperti Web-enabled spreadsheet bersama melalui sebuah
extranet, dalam aplikasi perangkat lunak mereka. PRM adalah sering dibandingkan
dengan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan ada beberapa argumen atas apakah
kemitraan hubungan yang kompleks saluran membuatnya perlu bagi PRM untuk
menjadi entitas yang terpisah, atau hanya komponen dari CRM.
TUJUAN
Partner
Relationship Management-PRM bertujuan mendapatkan dan memelihara para minatra
untuk meningkatkan penjualan dan sitribusi produk.
MANFAAT
Manfaat utama
dari manajemen hubungan mitra adalah bahwa arus semua kegiatan administrasi
yang dilakukan antara mitra. Namun, juga merupakan metode yang efektif dalam
berkomunikasi antara mitra dan dapat menyebabkan loyalitas mitra, siklus pasar
singkat dan waktu yang lebih baik dan manajemen sumber daya.
Vendor yang
mengimplementasikan solusi PRM biasanya dimotivasi olehkebutuhan untuk
mengurangi overhead keuangan dan kerepotan terkait denganmempertahankan
organisasi penjualan langsung. Mereka mengandalkan resellerdaerah untuk
menemukan, mendidik, dan menjual ke konsumen akhir. Tidak seperti sistem CRM,
yang disesuaikan terhadap mendapatkan konsumen akhiruntuk membeli dari Anda,
sistem PRM difokuskan pada mendapatkan mitra untuk menjual atas nama Anda.
Akibatnya, mereka biasanya menawarkan alat berbasis web self-service,
informasi, dan sumber daya untuk reseller mitra. Alat sering termasuk :
- Program Permintaan MDF
- Pelatihan, Sertifikasi, dan Akreditasi Otomasi
- Menangani Program Pendaftaran
- Langsung Penjualan Pelaporan Pipeline
- Perencanaan Bisnis Bersama
- Program Reward dan Loyalitas
- Content Library
Menawarkan
penjualan memaksa akses mobile langsung ke informasi dan datatentang klien
tertentu, sejarah pesanan, dan produk dan / atau jasa dari sistem CRM yang ada
akan memungkinkan perusahaan untuk secara signifikan meningkatkan pengalaman
merek klien mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar