MID E-Commerce (Kelas Extension)
Ferrnandes Blegur
Jawablah pertanyaan dibawah ini .
Pertanyaan .
Jawablah pertanyaan dibawah ini .
Pertanyaan .
1.
Didalam suatu transaksi E-COMMERS ada sebuah istilah tentang elektronik
data interchange (EDI) Menurut hemat, anda, apa yang anda ketahui tentang
elektronik data interchange (EDI) dan apa alasnya di dalam e-commers
membutuhkan elektronik data interchange (EDI)?
2.
Menurut pendapat anda, apa keuntungan dan kekurangan dari proses transaksi
e-commeres, dan berikan sebuah contoh kasusnya?
3.
Menurut pendapat anda, seberapa jauh manfaat e-commeres terhadap
perkembangan pangsa pasar produsen didalam mempromosikan barangnya?
4.
Berikan penjelasan anda tentang jenis-jenis e-commers? Dan berikan
perspektif anda perbedaan antara jenis-jenis e-commeres tersebut?
5.
Berikan penjelasan anda apa saja kendala yang memungkinkan timbul dari
proses e-commeres dan gimana cara mengatasi kendala tersebut, coba anda berikan
contoh dalam studi kasus?
Nama : Arnolus F.L. Blegur
Nim : 10110002
blog : http://bfernandesblegur.blogspot.com/
Jawaban
1.
Electronic data interchange adalah proses transfer data yang terstruktur,
merupakan format untuk pertukaran data bisnis. Dalam format standar yang telah
disetujui , dari satu komputer ke komputer lain dalam bentuk elektronik. EDI
umum dipakai dalam kontek perdagangan dan bisnis, EDI sangan bergantung pada
pengembangan format standar untuk dokumen bisnis seperti faktur, pesanan,
pembelian dan surat tanda terima. Dalam e-commers membutuhkan elektronik data
interchange (EDI) , karna teknologi oni dapat membantu para pelaku bisnis
mengkonsumsikan dokumenya dengan pihak lain lebih cepat , akurat dan lebih
efisien karna sifatnya yang dapat meminimalisisr kesalahan yang diakibatkan
oleh proses re-entry dan dapat mengurangi pemakaian kertas , komunikasi dan
biaya-biaya lain yang timbul pada metode konvensional. Sehingga diharapkan
dapat menekan biaya yang tidak diperlukan dan mendapatkan Laba bagi yang
memakainya.
2.
Keuntungan dari proses e-comerce :
1. Memberikan kesempatan
kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servicenya secara global.
2. Mengurangi penggunaan
paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi,
pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
3. Mengurangi waktu delay
dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi, pengepakan,
penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara online.
4. Membantu
perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/service yang sangat spesifik yang
tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena keterbatasan konsumen,
tempat dan biaya promosi yang tinggi.
5. Mengurangi waktu dan
biaya prosmosi dari produk/service yang dipasarkan karena tersedianya informasi
secara menyeluruh di internet sepanjang waktu. Adapun keuntungan e-commerce
pada konsumen adalah:
6. Memberikan kesempatan
konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah
produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan
transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun.
7. Memberikan kesempatan
konsumen untuk mendapatkan produk/service terbaik dari berbagai pilihan yang
ada karena konsumen mendapat kesempatan untuk memilih berbagai jenis
produk/service secara langsung.
8. Memberikan kesempatan
bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen untuk berinteraksi,
berdiskusi dan bertukar pengalaman. Sehingga akan sangat menguntungkan produsen
untuk meningkatkan kualitas produk/servicenya sesuai dengan yang diinginkan
oleh konsumen. Adapun keuntungan e-commerce pada masyarakat dan pemerintah
adalah:
9. Semakin banyak manusia
yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti
mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga
mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
10. Meningkatkan daya beli
dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik
karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah
karena biaya produksi yang rendah.
11. Mengurangi
pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara
kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
12. Meningkatkan daya
kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik,
sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan
khususnya usaha kecil menengah. Secara umum, implementasi e-commerce dalam
bisnis dapat meningkatkan kualitas dari produk/service serta menurunkan biaya
produksi yang akhirnya akan menurunkan harga penjualan. Ketika konsumen dapat
memilih produk/service yang terbaik baginya, produsen terus semakin berlomba
meningkatkan kualitas dari produk/service yang ada dan terus mencari ide-ide
baru yang disukai pasar serta berusaha mengurangi biaya produksi agar tetap
mendapatkan harga produk/service yang terjangkau. Jika siklus ini berjalan
dengan baik, tingkat produksi dan kualitas akan terus meningkat, ragam dari
produk/service akan semakin banyak dan harga akan semakin terjangkau. Selain
itu semakin menumbuhkan kreatifitas dan keberanian bagi pemula bisnis untuk
memulai usahanya karena setiap orang dapat memulai bisnisnya walau sekecil
apapun dan sebegitu spesial produk/service yang dihasilkan.
Kerugian :
a. Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
b. Penjelasan produk kurang jelas.
c. Harga terkadang tidak sesuai
d. Produk kurang dikenal masyarakat
e. Kurang amanya melakukan transaksi.
f. Tampilan produk kurang jelas sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan.
g. Banyaknya orang yang berfikir akan bahanya pemesanan melalui electronik.
Contoh kasus : Anda tidak mempunyai banyak modal untuk membuka usaha , ingin membuka usaha tanpa banyak pengeluaran hemat dan santai dirumah. Memulai membuka usaha e-commerce anda harus mempresentasikan dulu produk atau jasanya. Dalam hal ini anda harus membuat sebuah topik dan langsung mempresentasikannya. Bisa berupa Texts penjelasan tentang produk yang anda jual, gambar, Suara dan Video. Seperti penjualan alat olaraga lihat link ini : (http://olahraga-dan-kesehatan.tokobagus.com/peralatan-fitness/alat-fitnes-treadmill-manual-sepeda-statis-bodyslender-15624130.html) . Dan selanjutnya untuk pemesanan secara langsung bisa melalui sms , e-mail, Pin, PM (private Massage), Telpon. Yang nantinya akan melakukan transaksi melalui rekening bank. Transaksi di urus oleh sipenjual sebagai awal thread Sehingga terjamin.
3. Menurut saya Pengembangan pasar e-commerce ini sudah mengglobal. Karena disetiap wilayah bahkan seluruh negara mengetahui ini, banyak sebagain dari mereka yang merasa malas jila belanja diluar dengan faktor-faktor yang difikirkan. Saya pernah diceritakan oleh kakak ipar saya ketika ia pulang dari kerjanya, kakak ipar saya ini bekerja disebuah kapal pesiar yang berpergian kesetiap negara, Karna waktu mereka hanya dihabiskan dilaut saja selama jangka waktu kontrak yg mereka tanda tangani. Untuk berpergian kesana kemari tidak banyak waktu yang mereka dapatkan . lagi pula barang-barang dinegara lain itu memiliki harga yang berbeda jauh dr harga yang ada ditanah air kita, jadi beliau hanya membeli seperlunya saja kalo ada waktu untuk bisa berpergian. Nah teman kakak ipar saya ini , tidak mau repot . ia membeli barang-barang yang tersedia di ecommerce , ternyata bara-barang itu dipesan nya dan akhirnya sampai ketempat mereka. Asalkan CO nya benar , barang yang mereka pesan sampai . nah ini menunjukan bahwa pasar e-commerce ini sudah menggelobal, pemasaran melalui internet ini mampu menerobos pasar dunia.
4. Jenis-jenis e-commerce:
·
Collaborative Commerce (C-Commerce) Kerjasama secara elektronik
antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang
berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain). Para mitra bisnis yang
berkolaborasi.
·
Business to Business (B2B): Disebut juga transaksi antar perusahaan,
Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa,
informasi & konsultas, Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal
bisnis.
·
Business-to-Consumers(B2C).Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli
adalah individu. Disebut dengan transaksi pasar, Konsumen mempelajari produk
yang ditawarkan melalui publikasi elektronik, Membeli dengan electronic cash
& sistem secure payment, Meminta agar barang dikirimkan.
·
Consumer-to-Business . Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau
layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing
untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
·
Consumer-to-consumer. Penjualan barang atau layanan antara individu. Yaitu
orang yang menjual produk dan jasa kesatu sama lain.contohnya seperti
Lelang, iklan , Layanan personal (pengajara, tukang , pembuat laporan, nasehat
nvestasi)
·
Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce. Pada jenis ini, organisasi
menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal
ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E)
·
Government-to-Citizens (G2C) and to others. Pemerintah menyediakan layanan
kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan
bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga
dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B)
·
Mobile Commerce (m-Commerce). E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan
tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler
untuk akses internet.
5. Permasalahan dalam e-commerce :
·
Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan. Cara
menanggulanginya berikan testi-testi dari pelanggan anda , berikan no telpon,
dan e-mail yang dapat dihubungi oleh pelanggan untuk meyakinkan pelanggan anda
tambahkan lno resi pengiriman jika pelanggan anda sudah melakukan pembayaran.
·
Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
·
Hacker
·
Menjaring calon pembeli dalam bisnis jual beli online. Solusinya
Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang
dibutuhkan target market mutlak harus kita miliki.Beri bukti kalau produk kita
itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang kita
dapat.Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi kita dan calon pembeli
berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya.
·
Kendala koneksi internet. Solusinya Kita bisa memanfaatkan modem internet
yg saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yg
sinyalnya memang bagus di daerah kita, sehingga koneksi internet juga tidak
terhambat. Di era teknologi komunikasi yang semakin maju ini rasanya tidak
terlalu sulit mencari modem atau provider sesuai dengan kebutuhan kita.
·
Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Solusinya untuk menambah
pengetahuan, Kita bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yg sudah banyak
beredar di pasaran, atau bisa juga dgn mencari panduan serta mengikuti kursus
online.
nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
BalasHapusmudah dan terjangkau..
chek this out => www.kiostiket.com